ADS

Monday, 8 August 2016

TUTORIAL #1 Urban Exploration Photo Editing

Hae… jumpa lagi ! kali ini saya akan membagi sedikit tutorial atau cara mengolah tone HDR yang sering dipakai pada foto Urban Exploration atau sering disingkat dengan nama URBEX.

Bagi yang belum begitu mengetahui nih, gampangnya URBEX adalah genre dalam fotografi dengan menampilkan gambar pada sisi lain perkotaan yang jarang dijamah banyak orang. Umumnya tidak hanya sekedar difoto saja, tapi setelah itu diolah kembali dengan aplikasi atau software seperti Photoshop.

Sering kan nemu foto gitu waktu stalking di Instagram misalkan, menemui foto dengan menampilkan orang dengan penampilan anti mainstream memakai face mask ala anonymous   dengan hoodie nya lalu ditambah smokebomb dan berada dibagian sudut kota. Pasti sedikit bertanya dengan apa mereka mengedit foto itu sehingga tampak sangar.
Nah kali ini saya akan membagi salah satu cara membuat tampilan foto seperti itu. Caranya adalah memainkan tone dengan menggabungkan 2 software yakni Photomatix dengan Photoshop. Mungkin ada yang penasaran dengan Photomatix? Anda bisa baca dulu ulasan saya sebelumnya  PHOTOMATIX PRO 5 (PhotoEditing Software)

Oke setelah anda memahami apa itu Photomatix, mari kita langsung caw….

Penampakan sebelum proses



Dan ini setelah dipoles



Langkah pertama kita akan pake Photomatix Pro Dulu...
1. Buka gambar yang akan di edit dengan Photomatix Pro,  dengan klik Load Single Photo (karena kita hanya akan mengedit satu foto saja)
2. Kemudian klik Tone Map (tunggu hinggga proses reducing noise selesai)


3. Sesuaikan dengan komposisi pengaturan yang kamu rasa cocok



4. Klik Apply (tunggu hingga proses rendering selesai) Lalu klik Save Final Image.




Langkah kedua kita akan pake Photoshop….

1. Setelah langkah pertama terlewati, gambar yang sudah di save kita buka di Photoshop (kalo saya pakianya CS5), kemudian pilih Filter -> Lens Corretion -> Custom, sesuaikan komposisi Vignette hingga dirasa cukup (saya paiknya Amount -70 dan Midpoint  +30)



2. Tambahkan layer baru dengan klik Layer -> New Adjustment Layer -> Levels (sesuaikan kalkulasi histogrm-nya hingga dirasa cukup atau bisa juga mengikuti gambar yang saya berikan dibawah ini)


3. Lalu ke pilih lagi ke Layer -> New Adjustment Layer -> Threshold (sesuaikan Threshold Level-nya atau bisa mengikuti contoh dibawah) dengan Blend Mode : Hue


4. Tambah layer lagi dengan pilih Layer -> New Adjustment Layer -> Brightness/ Contrast (sesuaikan Brightness dan Contrast nya)


5. Duplikat Layer, pastikan “Layer 0” tersorot di Layer Window dan kemudian klik Layer -> Duplicate Layer (terdapat layer baru bernama “Layer 0 copy” atur dengan Blend Mode : Darker Color)


6. Tambahkan Layer baru lagi, Layer -> New Adjustment Layer -> Photo Filter (sesuaikan Color sesuai selera, kemudian atur density-nya hingga dirasa cocok)


7. Layer baru lagi, Layer -> New Adjustment Layer -> Levels (sesuaikan kalkulasi histogramnya)


8. Tambahkan Layer lagi, Layer -> New Adjustment Layer -> Curves (atur curve point-nya)


9. Untuk step yang terakhir tambahkan Layer baru lagi, Layer -> New Adjustment Layer -> Hue/Saturation (sesuaikan slider untuk mengatur saturation-nya)



Taraaaa….dan akhirnya jadilah seperti ini




Begitulah kiranya sedikit gambaran mengenai tutorial yang dapat saya bagikan kali ini. Mungkin anda dapat mengkreasikan lebih jauh  lagi agar editan yang dihasilkan lebih sempurna.

Nah bagaimana hasil yang kalian dapatkan? Semoga tutorial ini dapat memacu kalian untuk berkreatifitas dan berkarya.


Semangat !!