Welcoming Expo merupakan sebuah event tahunan yang diadakan
oleh Forum Komunitas Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk menyambut
kedatangan mahasiswa baru sekaligus memperkenalkan beberapa komunitas kreatif
yang ada di jurusan(program studi) Ilmu Komunikasi. Forum ini berada dibawah
naungan Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, dan merupakan almamater saya saat ini. Di
tahun 2015, event tersebut kembali digelar dengan nama WELCOMING EXPO 2015 dan
mengambil tema “Hello From The Past”. Tema yang satu ini diangkat dengan
merepresentasikan perkembangan teknologi komunikasi dari masa ke masa. Oleh
karena itu konsep-konsep untuk mendukung event tahunan mahasiswa Ilmu
Komunikasi ini dirancang, dan salah
satunya adalah mengenai desain.
Yang pertama tentunya adalah Logo. Logo merupakan visual
terpenting untuk mewakili adanya sesuatu yang perlu dipublish. Dan logo
Welcoming Expo 2015 menjadi bagian daripada itu. Simpel, elegan, namun tetap
dapat menggambarkan hal yang ingin diangkat merupakan konsep yang diharuskan
tertanam dalam project desain kali ini. Logo Welcoming Expo 2015 akhirnya dapat
dirancang dengan tetap melibatkan unsur kreatif dan professional. Sebenarnya
tidak terlalu rumit untuk mendesain sebuah logo seperti event atau sebuah
agenda, namun ide dan feeling, sekali lagi yaitu ide dan feeling
(perasaan) memanglah sulit untuk dibentuk. Desain logo ini hanya memodifikasi
font “Neon Lights” (anda bisa searching sendiri) ditambah dengan font “Century
Gothic” untuk nama event, serta ditambah simbol-simbol label denga angka 2015
untuk menunjukan tahun dan dirancang dengan font “Langdon”. Simpel dan tidak
begitu banyak mengandung filosofi. Salah satu yang mampu merepresentasikan
event ini pada logo adalah font modifikasi yang dibuat seolah-olah tersusun dan
bersambung antara satu sama lain dimaksudkan bahwa event ini diharapkan mampu
menjadi wadah penghubung antar mahasiswa dan juga ilmu pengetahuan khususnya
yang berkaitan dengan Ilmu Komunikasi, agar mereka mampu lebih dekat sehingga
memunculkan suatu kepahaman dan hubungan yang cukup erat.
Selanjutnya adalah tema atau tagline yang
dipakai, yaitu “Hello From The Past”, sebuah gagasan atau konsep yang
diangkat dengan pemikiran yang cukup memakan waktu. Konsep ini sendiri muncul
berkat ide sang ketua event, mohon maaf saya sebutkan namanya, yakni Rahmat
Sholeh (anda bisa searching siapa dia atau bisa juga kepo via akun instagramnya
di “rahmatshl” tanpa tanda petik). Waktu itu konsep ini terbentuk dengan dilatarbelakangi
oleh perkembangan teknologi komunikasi dari masa ke masa yang ingin coba
ditunjukkan, karena sebagian orang tidak begitu mengetahui akan hal tersebut.
Sempat mencari ide beberapa kali untuk merumuskannya kedalam beberapa kata,
namun pada akhirnya dapat terbentuk pula, yah..begitulah “Hello From The
Past” akhirnya dapat dilahirkan. Kembali ke topik awal mengenai creative
design, visual tagline ini derancang sangat amat simpel dengan
menggunakan font “Trajan Pro” dengan kombinasi font “Century Gothic” (entah
mengapa font ini menjadi salah satu font favorit saya) dan ditambah dengan
elemen-elemen ikon titik 2 dengan garis horizontal sebagai pemisahnya dengan
maksud titik per titik atau dimasukkan dari konsep yang berarti masa per masa.
Sanagt simple memang, namun begitulah visual ini dibentuk untuk sebuah
tagline yang kemudian dimasukkan ke beberapa merchandise untuk t-shirt dan
sebagainya (semoga anda pernah melihatnya) #cheers.
Yang terakhir adalah artwork pack atau beberapa
desain untuk mendukung acara-acara dalam event. Kebetulan dalam event ini saya
menjadi bagian dari divisi Dekdok (dekorasi dokumentasi) dan divisi ini
kemudian diubah menjadi divisi logo dan desain karena memang keperluannya
cenderung sering dengan hal-hal yang berkaitan dengan desain mendesain. Oleh
karena itu pula akhirnya untuk urusan poster, backdrop, sticker, invitation,
t-shirt, dll (maaf visualnya tidak bisa saya share keseluruhan, tapi anda bisa
melihat beberapa lainnya di instagram “welcomingexpo” sekali lagi masih tanpa
tanda petik, atau juga melalui website welcomingexpo.info). Dan yang diatas ini
adalah beberapa ikon visual yang mewakili acara-acara dalam event Welcoming
Expo 2015, seperti creative seminar, stadium general (kuliah umum),
Pameran Karya Komunikasi, dan Welcoming Party (semacam pesta untuk
ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru). Artwork tersebut disesuaikan
dengan tema acara yang ditentukan seperti creative seminar komunitas
KOSTRAD (komunitas advertising) dengan judul “Sosial Media Traveller”
pembiacara oleh Yuga Adhiswandaru (Media Planner Merah Pro Agency), komunitas
PRO (komunitas Public Relations) dengan judul “Speak Your Professionalism”,
pembicara oleh Herni Putrianti, S.IP. (Organizing Information publications, events
and programs about tourism), komunitas NEON (komunitas photography) dengan
judul “Travelling Photo”, pembicara oleh Misbachul Munir (Professional
Photographer), komunitas IDEKATA (komunitas jurnalistik) denga judul “Build
Your Creativity”, pembicara oleh Kresna (CEO beritajogja.id dan jurnalis merdeka.com), komunitas IKOM RADIO
(komunitas radio broadcasting) pembicara oleh Dimas Kurniawan S.Pd (Head of Production
Staff, Program Director, Producer and Announcer of Geronimo FM), komunitas
KOLASE (komunitas film documenter) dengan judul “Discussion of Documentary
Film) pembicara oleh Toni Trimarsanto (Director of Documentary Film). Selain
itu ada pula Stadium General (kuliah umum) dengan judul “The Power
Communication in Business” pembicara oleh Budi Wiyono SE. MM (Entrepeneur dari
Jakarta).
Oke, begitulah Creative Design untuk Event Welcoming Expo yang dapat
saya share kali ini, pada intinya desain itu tidaklah begitu susah asalkan ada
kemauan dan juga keras, namun yang terpenting dan menurut saya sulit adalah
bagaimana anda membentuk sebuah ide dan juga feeling yang nantinya bakalan anda
eksekusi. Jangan takut untu mencoba, karena tidak ada yang tidak mungkin di
dunia ini, percayalah!!! Let`s work, and Build your Experience….
No comments:
Post a Comment