ADS

Thursday, 21 January 2016

WELCOMING EXPO 2015 CREATIVE DESIGN

Welcoming Expo merupakan sebuah event tahunan yang diadakan oleh Forum Komunitas Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk menyambut kedatangan mahasiswa baru sekaligus memperkenalkan beberapa komunitas kreatif yang ada di jurusan(program studi) Ilmu Komunikasi. Forum ini berada dibawah naungan  Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, dan merupakan almamater saya saat ini. Di tahun 2015, event tersebut kembali digelar dengan nama WELCOMING EXPO 2015 dan mengambil tema “Hello From The Past”. Tema yang satu ini diangkat dengan merepresentasikan perkembangan teknologi komunikasi dari masa ke masa. Oleh karena itu konsep-konsep untuk mendukung event tahunan mahasiswa Ilmu Komunikasi  ini dirancang, dan salah satunya adalah mengenai desain.

Welcoming Expo 2015 Creative Design

Yang pertama tentunya adalah Logo. Logo merupakan visual terpenting untuk mewakili adanya sesuatu yang perlu dipublish. Dan logo Welcoming Expo 2015 menjadi bagian daripada itu. Simpel, elegan, namun tetap dapat menggambarkan hal yang ingin diangkat merupakan konsep yang diharuskan tertanam dalam project desain kali ini. Logo Welcoming Expo 2015 akhirnya dapat dirancang dengan tetap melibatkan unsur kreatif dan professional. Sebenarnya tidak terlalu rumit untuk mendesain sebuah logo seperti event atau sebuah agenda, namun ide dan feeling, sekali lagi yaitu ide dan feeling (perasaan) memanglah sulit untuk dibentuk. Desain logo ini hanya memodifikasi font “Neon Lights” (anda bisa searching sendiri) ditambah dengan font “Century Gothic” untuk nama event, serta ditambah simbol-simbol label denga angka 2015 untuk menunjukan tahun dan dirancang dengan font “Langdon”. Simpel dan tidak begitu banyak mengandung filosofi. Salah satu yang mampu merepresentasikan event ini pada logo adalah font modifikasi yang dibuat seolah-olah tersusun dan bersambung antara satu sama lain dimaksudkan bahwa event ini diharapkan mampu menjadi wadah penghubung antar mahasiswa dan juga ilmu pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan Ilmu Komunikasi, agar mereka mampu lebih dekat sehingga memunculkan suatu kepahaman dan hubungan yang cukup erat.

Selanjutnya adalah tema atau tagline yang dipakai, yaitu “Hello From The Past”, sebuah gagasan atau konsep yang diangkat dengan pemikiran yang cukup memakan waktu. Konsep ini sendiri muncul berkat ide sang ketua event, mohon maaf saya sebutkan namanya, yakni Rahmat Sholeh (anda bisa searching siapa dia atau bisa juga kepo via akun instagramnya di “rahmatshl” tanpa tanda petik). Waktu itu konsep ini terbentuk dengan dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi komunikasi dari masa ke masa yang ingin coba ditunjukkan, karena sebagian orang tidak begitu mengetahui akan hal tersebut. Sempat mencari ide beberapa kali untuk merumuskannya kedalam beberapa kata, namun pada akhirnya dapat terbentuk pula, yah..begitulah “Hello From The Past” akhirnya dapat dilahirkan. Kembali ke topik awal mengenai creative design, visual tagline ini derancang sangat amat simpel dengan menggunakan font “Trajan Pro” dengan kombinasi font “Century Gothic” (entah mengapa font ini menjadi salah satu font favorit saya) dan ditambah dengan elemen-elemen ikon titik 2 dengan garis horizontal sebagai pemisahnya dengan maksud titik per titik atau dimasukkan dari konsep yang berarti masa per masa. Sanagt simple memang, namun begitulah visual ini dibentuk untuk sebuah tagline yang kemudian dimasukkan ke beberapa merchandise untuk t-shirt dan sebagainya (semoga anda pernah melihatnya) #cheers.

Art Work Pack Creative Event Deisgn

Yang terakhir adalah artwork pack atau beberapa desain untuk mendukung acara-acara dalam event. Kebetulan dalam event ini saya menjadi bagian dari divisi Dekdok (dekorasi dokumentasi) dan divisi ini kemudian diubah menjadi divisi logo dan desain karena memang keperluannya cenderung sering dengan hal-hal yang berkaitan dengan desain mendesain. Oleh karena itu pula akhirnya untuk urusan poster, backdrop, sticker, invitation, t-shirt, dll (maaf visualnya tidak bisa saya share keseluruhan, tapi anda bisa melihat beberapa lainnya di instagram “welcomingexpo” sekali lagi masih tanpa tanda petik, atau juga melalui website welcomingexpo.info). Dan yang diatas ini adalah beberapa ikon visual yang mewakili acara-acara dalam event Welcoming Expo 2015, seperti creative seminar, stadium general (kuliah umum), Pameran Karya Komunikasi, dan Welcoming Party (semacam pesta untuk ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru). Artwork tersebut disesuaikan dengan tema acara yang ditentukan seperti creative seminar komunitas KOSTRAD (komunitas advertising) dengan judul “Sosial Media Traveller” pembiacara oleh Yuga Adhiswandaru (Media Planner Merah Pro Agency), komunitas PRO (komunitas Public Relations) dengan judul “Speak Your Professionalism”, pembicara oleh Herni Putrianti, S.IP. (Organizing Information publications, events and programs about tourism), komunitas NEON (komunitas photography) dengan judul “Travelling Photo”, pembicara oleh Misbachul Munir (Professional Photographer), komunitas IDEKATA (komunitas jurnalistik) denga judul “Build Your Creativity”, pembicara oleh Kresna (CEO beritajogja.id dan  jurnalis merdeka.com), komunitas IKOM RADIO (komunitas radio broadcasting) pembicara oleh Dimas Kurniawan S.Pd (Head of Production Staff, Program Director, Producer and Announcer of Geronimo FM), komunitas KOLASE (komunitas film documenter) dengan judul “Discussion of Documentary Film) pembicara oleh Toni Trimarsanto (Director of Documentary Film). Selain itu ada pula Stadium General (kuliah umum) dengan judul “The Power Communication in Business” pembicara oleh Budi Wiyono SE. MM (Entrepeneur dari Jakarta).


Oke, begitulah Creative Design untuk Event Welcoming Expo yang dapat saya share kali ini, pada intinya desain itu tidaklah begitu susah asalkan ada kemauan dan juga keras, namun yang terpenting dan menurut saya sulit adalah bagaimana anda membentuk sebuah ide dan juga feeling yang nantinya bakalan anda eksekusi. Jangan takut untu mencoba, karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, percayalah!!! Let`s work, and Build your Experience….