ADS

Tuesday, 26 July 2016

The Phenomenal - ABBEY ROAD


Pernah mendengar kalimat Visual Speak Louder than Words mungkin kalimat tersebut sedikit bisa menggambarkan bagaimana cover album Abbey Road –nya band legendaris asal Liverpool yakni The Beatles. Secara visual mungkin akan terlihat cukup sederhana,  dimana keempat personel The Beatles, John Lennon, Ringgo Starr, Paul Mc Cartney dan juga George Harrison digambarkan sedang melintasi atau menyeberangi Abbey Road. Lantas mengapa cover ini bisa begitu populer?

Hemm…jika kamu merupakan fans The Beatles tentunya mengetahui bagaimana misteri atau kisah mistis dibalik cover fenomenal ini. Kalau kamu belum tau mari kita ulik sedikit tentang beberapa hal yang menjadi buah bibir dibalik cover album Abbey Road.

1. Isu Meninggalnya Paul McCartney
“Turn me on, dead man.” Penggalan lirik lagu Revolution No.9  yang merupakan salah satu bagian dari album Abbey Road disinyalir sebagai pernyataan yang merujuk pada kabar meninggalnya  penulis lagu tersukses sepanjang masa versi Guinness Book of Records ini.

2. Ada Isyarat Pemakaman Paul
What? Mengapa bisa begitu?

Jika kamu sedikit memperhatikan secara seksama cara berpakaian para personel The Beatles diatas mungkin akan sedikit bertanya-tanya. Mengapa Paul mengenakan jas tapi tak memakai alas kaki? Goerge tak memakai jas, malah mengenakan pakaian casual? si John Lennon yang memakai jas putih? Atau Ringgo yang paling rapi?


Jadi begini, adanya budaya yang melatarbelakangi cara berpenampilan mereka:

  • Paul McCartney :  Tak memakai alas kaki dan memakai jas rapi menurut budayanya Inggris merupakan fashion-nya orang mati ketika dimakamkan.
  • George Harrison : Berpenampilan casual merupakan ciri seorang penggali kubur.
  • John Lennon : Pakaian serba putih berkiblat pada sosok Tuhan.
  • Ringgo Star: Jas hitam rapi merupakan setelan yang dikenakan oleh pendeta.
Gimana?  Ngeri juga ternyata… next

3. Kronologi kematian Paul
Banyak yang beranggapan bahwa Paul mati karena ditabrak mobil. Why…? Coba lihat seksama dari arah kejauhan segaris lurus dengan Paul, adanya sebuah mobil yang sedang mengarah pada dirinya.

4. Usia Paul Tewas
Konspirasi berikutnya adalah Paul disebut meninggal pada usia 28 tahun. Visual yang mendukung pernyataan itu adalah mobil VW putih dibelakan George Harrison memiliki plat nomor LMW 28 IF. LMW sendiri merupakan singkatan dari Linda McCartney Weeps yang dikaitkan dengan tangisan(Weeps) Linda McCartney –Istri Paul atas meninggalnya penulis lagu Yesterday tersebut.

5. 300 Juta Rupiah untuk Foto Asli
Ya, cover album kontroversial Abbey Road ini kabarnya secara resmi terjual seharga Rp 300 juta. Uniknya, foto yang dipakai ini merupaka satu dari sepuluh foto yang telah dibuat. Waw!

Ternyata sebuah simbol dalam visual mampu menyimpan banyak cerita. Maka dari itu seringkali desain maupun illustrasi seperti logo,poster,mascot atau bahkan cover memang akan lebih baik memiliki filosofi atau makana secara dalam. Karena hal itu dapat menjadi nilai lebih tersendiri.

Punya Band? Komunitas? Atau kelompok bikin tugas?

Cover album Abbey Road ini bisa kamu jadikan sebagai referensi atau pemacu untuk berkarya secara kreatif.


Let`s Do it!